MENGELOLA HUTANG

Posted 19.14 by alikeyblog in Label:
Setiap orang pasti memiliki hutang dalam hidupnya, tidak peduli mereka kaya atau miskin. Hanya saja menurut Freddy Pieloor, CFP., hutang antara si kaya dan si miskin memiliki perbedaan karakteristik: 1) Orang Kaya berhutang untuk membeli aset atau harta produktif sedangkan orang miskinber hutang untuk menumpuk aset konsumtif; 2) orang kaya membayar hutang mamakai pendapatan yang diperoleh dari aset produktif (passive income) sedangkan orang miskin membayar hutang dari pendapatan kerjanya (active income). Karena dengan pengelolaan hutang yang ketat, hidup Anda akan jauh lebih aman dan nyaman, serta bisa berinvestasi untuk masa depan. Berikut ini adalah beberapa Tips yang perlu Anda ketahui dalam mengelola hutang:

1. Hutang hanya untuk keperluan mendadak dan tidak bisa ditunda, misalnya ada anggota keluarga yang sakit atau keperluan sekolah.

2. Hutang untuk membeli aset produktif dan nilainya meningkat terus, misalnya rumah, tanah dan emas. Usahakan jangan berhutang untuk membeli handphone, sepatu, alat-alat elektronik, baju,tas dan aksesoris untuk tubuh dan furniture rumah. Karena barang tersebut memiliki kecenderungan menurun nilainya.

3. Batas maksimal pembayaran hutang adalah 30% dari penghasilan Anda.

4. Bayarlah hutang tepat waktu dan perhatikan/rapikan administrasi dan dokumentasi yang terkait dengan hutang.

5. Jangan menutup hutang dengan cara berhutang lagi (gali lobang tutup lobang). Kecuali Anda telah memperhitungkan dengan tepat seluruh selisih dan biaya yang dikenakan.

6. Urutan Anda dalam berhutang sebaiknya diprioritaskan mulai dari urutan teraman yaitu: pasangan, orang tua, saudara, sahabat, pegadaian, bank, leasing dan rentenir. Namun bila Anda membutuhkan uang dan Anda tidak nyaman untuk meminjam uang, sebainya korbankan dan juallah aset Anda yang masih berharga (misalnya perhiasan emas), daripada Anda meminjam dari beberapa tempat yang akan mengenakan bunga sangat tinggi dan merugikan Anda.


0 comment(s) to... “MENGELOLA HUTANG”

0 komentar:

Posting Komentar