MENGOPTIMALKAN GELAR AKADEMIS UNTUK KARIER

Posted 19.08 by alikeyblog in Label:
Banyak yang beranggapan bahwa gelar pendidikan sangat menentukan kemajuan karir Anda, benarkah pendapat tersebut/ Bagaimana Anda mampu meningkatkan karir dengan gelar pendidikan terbatas? Kata orang, semakin tinggi pendidikan kita, maka semakin tinggi kemajuan karir yang akan kita peroleh. Hal ini tidak sepenunya benar. Menurut Rosale Garret, Seorang Konsultan Karir, banyak orang yang merasa tertekan saat harus memutuskan karir apa yang ingin ia gapai. “Langkah pertama yang paling krusial dalam menentukan karir adalah menyesuaikan keahlian dengan minat kita sendiri.” kata Rosale. Mau tidak mau Anda harus memutuskan jalan mana yang ingin Anda tempuh, karir apa yang ingin Anda raih serta tujuan hidup itu sendiri. Berikut ini Tips mengoptimalkan gelar akademis untuk karir Anda:

1. Pertimbangkan Kembali Gelar Anda. Luangkan waktu untuk mempertimbangkan gelar yang Anda miliki dengan karir apa yangmenarik dan memotivasi Anda. Kadangkala kemampuan lebih di suatu bidang, belum berarti Anda menyukai bidang itu. Karenanya cobalah telaah karir apa yang sebenarnya Anda ingin lakukan dan pertimbangkan hubungan antara ketertarikan dengan gelar yang Anda miliki. Memang kadang sulit menyatukan antara ketertarikan dengan keahlian akademis yang dimiliki. Untuk itu jangan berputus asa, karena dalam bidang kerja pasti ada kebutuhan akan keahlian yang Anda miliki. Misalnya Anda tertarik dibidang broadcasting dan keahlian Anda di bidang marketing, Anda bisa mencoba menjadi marketing di perusahaan brooadcasting atau Anda memiliki keahlian Information Technology (IT) namun tertarik menjadi pegawai Bank, Anda bisa mencoba melamar ke Perusahaan Perbankan untuk posisi IT.

2. Ubah Harapan Menjadi Kenyataan. Meskipun saat ini Anda telah mendapatkan gelar yang sesuai dengan keinginan, namun mendapatkan kesempatan masuk di bidang kerja juga tidak semudah membalikan tangan. Sehingga jangan buang-buang waktu Anda hanya dengan termangu-mangu, tapi cobalah mencari kegiatan lainnya (meski dengan penghasilan yang tidak seberapa) namun tetap sesuai dengan minat. Jangan dulu berpikir tentang keuntungan apa yang Anda peroleh, karena penghasilan Anda akan semakin meningkat seiring prestasi yang Anda lakukan.

3. Lihat Sekeliling Anda. Sangat penting bagi Anda untuk melihat waktu yang Anda habiskan di Universitas sebagai bagian dari pengalaman kerja Anda. Bila di kampus, Anda aktif dalam suatu bidang kegiatan tertentu, hal ini bisa Anda gunakan sebagai batu locatan (stepping stone) untuk menggapai karir yang Anda inginkan. Misalnya, Anda aktif dalam kegiatan fotografi kampus, maka aktifitas Anda tersebut dapat Anda pergunakan untuk memperoleh peluang di bidang advertising.

4. Adaptasi dan Kombinasikan. Di saat Anda tersadar kalau gelar yang Anda raih bukanlah bidang karir yang Anda inginkan, jangan panik! Cobalah analisa kembali bidang akademis yang pernah Anda dapatkan, lalu cari kemungkinan dari beberapa bidang akademis yang mendukung Anda masuk di bidang pekerjaan yang Anda sukai. Sekecil apapun pelajaran yang pernah Anda dapatkan, kemungkinan justru dapat menjadi pendukung terbesar dalam menggai apa yang Anda inginkan.

5. Cari Terus Pengalaman Kerja. Setelah Anda memperolah ide atau bayangan tentang pekerjaan yang Anda minati, kini saatnya mendapatkan apa yang telah susah payah Anda tempuh di bangku kuliah, bila memang belum mendapat panggilan kerja, jangan segan-segan untuk mendaftarkan diri ebagai relawan di berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Non-Goverment Organization (NGO) atau lainnya. Menjadi relawan di kegiatan yang Anda sukai adalah alternatif yang terbaik dalam memulai langkah Anda di bidang kerja tersebut. Mengapa? Karena selain mendapatkan pengalaman kerja, Anda juga berkesempatan bertemu dengan orang-orang penting dan telah ahli di bidang ini.

6. Terus Cari Lowongan Kerja. Akhirnya, jangan lelaph mecari lowongan pekerjaan dan kesempatan lainnya yang memungkinkan Anda menggapai karir idaman. Selain melalui media masa dan internet, cobalah mengontak dan mejalin hubungan kembali dengan orang-orang yang pernah Anda kenal. Siapa tahu satu diantaranya mampu membuka peluang karir idaman Anda.


0 comment(s) to... “MENGOPTIMALKAN GELAR AKADEMIS UNTUK KARIER”

0 komentar:

Posting Komentar