TIPS MEMPERCEPAT LAJU KARIR

Posted 18.55 by alikeyblog in Label:
Rekan sejawat Anda semasa kuliah mungkin sudah menempati posisi penting di perusahaanya, padahal Anda lebih dahulu diterima bekerja ketika itu. Mungkinkah ada sesuatu yang salah pada diri Anda? Berikut ini tips jitu mempercepat laju (memperlancar) karir Anda melalui perbaikan-perbaikan diri selama Anda berkarir:

1. Pindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lainnya. Misalnya, dari penulis lantas beralih menjadi guru, lalu berlanjut ke staff akuntan dan sebagainya. Berkarir akan lebih langgeng daripada sekedar memiliki pekerjaan. Memulai sebuah pekerjaan dari staff akunting lalu menjadi junior akuntan, akuntan, controller, financial officer hingga wakil direktur keuangan merupakan sebuah karir. Sebuah karir akan terbentuk melalui perjalanan karir.

2. Mengubah tujuan yang tadinya sudah terbentuk tidak bisa dibilang mudah. Bila Andan sudah berada di bagian pemasaran akan sulit beralih ke bagian kreatif, demikian pula halnya sebaliknya. Entah karena latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja, namun semakin besar perubahan yang ingin dilakukan maka makin sulit hal tersebut diwujudkan. Oleh karena itu, berusahalah untuk memilih tujuan awal Anda dengan sangat hati-hati. Bila Anda berpindah profesi lantas berubah pikiran dan ingin kembali ke profesi semula, jslsn Anda pun tidak lebih mudah. Selain Anda harus berkompetisi dengan fresh graduate, Anda pun harus bersaing dengan para kolega lam Anda yang kini lebih terampil dalam pekerjaan tersebut.

3. Ilmu sarjana, teutama teknik, bisa ketinggalan jaman dalam jangka waktu lima tahun. Mungkin Anda juga demikian. Jika Anda enggan menambah dan mempelajari sesuatu yang baru. Anda akan tertinggal dan tak ‘laku’ di pasaran

4. Anggaplah karir Anda sebagai sebuah kampanye. Tujuan Anda adalah membuat sebanyak mungkin orang menyukai Anda dalam waktu secepat mungkin. Perlakukanlah semua orang dengan baik dan penuh horamt. Dengan demikian secara langsung maupun tak langsung Anda akan diuntungkan dalam perjalanan karir

5. Kemampuan dalam berhubungan dengan orang-orang yang berada di sekitar Anda sama pentingnya dengan kemampuan teknis yang Anda miliki. Meskipun Anda bekerja dalam bidang yang sangat teknis, Anda tetap harus bekerja sama dengan orang lain. Misalnya, apabila Anda seorang programmer, suatu saat pasti akan membutuhkan rekan-rekan kerja dari bagian network atau sebaliknya.

5. Berhati-hatilah dalam mengungkapkan emosi, terutama yang berhubungan dengan rasa marah dan kekecewaan. Komunikasikan apa yang Anda rasakan dengan tenang dan taktis. kontrol diri Anda agar tak sampai “meledak”, mengancam atau menyerang orang lain di tempat kerja. Jangan merendahkan lawan Anda meskipun hal itu bisa membuat Anda merasa “menang”. Ingat saja bahwa berkelahi dengan seseorang di tempat kerja bisa menghancurkan reputasi yang sudah Anda bangun.

6. Apapun level Anda di kantor, tetaplah bersikap hangat, antusias dan peduli terhadap orang-orang yang ada di sekitar. Tunjukan hal ini dengan jelas sebab perilaku yang positif merupakan aset terbesar Anda dalam berkarir.


0 comment(s) to... “TIPS MEMPERCEPAT LAJU KARIR”

0 komentar:

Posting Komentar